·
Pengertian kurikulum menurut para
ahli:
1. J. Galen Saylor dan William M.
Alexander.
Kurikulum yang menuntun anak
mempengaruhi anak untuk belajar baik di dalam lingkungan maupun di luar
lingkungan sekolah. Kurikulum mencakup anak mengikuti ekstra-kurikuler.
2. Harold B. Albertycs
Kurikulum tidak terbatas dari mata
pelajaran, kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah maupun
diluar tidak terlepas dari aturan sekolah kemudian melihat hasil dari kegiatan
yang dillakukan diluar kelas.
3. Othael Smith, W.O. Stanley dan J.
Harlan Shores
Memandang kurikulum sebagai
pengalaman yang diberikan pada pelajar untuk mengaplikasikanya dalam
masyarakat.
4. William B. Ragan,
Pengalaman anak diberi tanggung jawab pada sekolah.
Kurikulum tidak hanya menerima pelajaran dari pembina/guru/pembimbing melainkan
meliputi seluruh kehidupan di kelas. Jadi hubungan murid dengan guru termasuk
dalam kurikulum.
5.
J.
Lloyd Trump dan Delmas F. Miller,
Termasuk dalam kurikulum yaitu metode guru dalam mengajar,
cara mengevaluasi murid dan seluruh program, bimbingan dan penyuluhan, supervise
dan administrasi dan hal-hal lainya yang menyangkut waktu, jumlah ruangan dan
berapa banyak yang memilih mata pelajaran. Aspek, pokok, program, manusia den
fasilitas sangat erat hubunganya, ketiga aspek ini tidak bias dipisahkan.
6. Alice Miel,
Keadaan sekolah, sosial, keinginan pengetahuan, sikap
melayani dan dilayani dalam sekolah(termasuk penjaga sekolah, administrasi,
pegawai administrasi dan lain-lainya yang berhubungan dengan murid-murid). Jadi
kurikulum mencakup segala pengalaman yang berpengaruh pada pendidikan yang
diperoleh anak disekalah, definisi dari miel tidak hanya mencakup pada
pengetahuan, kecakapan, kebiasaan-kebiasaan, sikap dan moral-moral, pengertian
kurikulum juga meliputi pribadi guru, kepala sekolah dan pegawai administrasi.
7. Edward A. Krug
Kurikulum dilihat dari usaha untuk mencapai tujuan
persekolahan, membedakan antara tugas sekolah dengan lingkungan disekitarnya
seperti keluarga, lingkungan, rumah tangga, lembaga agama masyarakat dll.
8. Robert S. Flaming,
Kurikulum pada sekolah modern yang mencakup semua pengalaman
belajar anak yang menjadi tanggung jawab sekolah.
9.
David
Praff,
Kurikulum mencakup pusat pelatihan serta organisasi
pendidikan formal.
10. George A. Beauchamp (1986),
Pengertian kurikulum dianggap sebagai suatu pengalam atau
sesuatu yang nyata terjadi dalam proses pendidikan.
11. Hilda Taba (1962)
menekankan pada tujuan suatu statemen, tujuan-tujuan khusus,
memilih dan mengorganisir suatu isi, implikasi pada pola pembelajaran dan
adanya evaluasi.
12. Dool (1993),
Kurikulum menjadi suatu focus pendidikan yang ingin
mengembangkan pada peserta didik sebagai subjek yang mempersiapkan dirinya pada
kehidupa masa datang.
· Hakikat
Kurikulum
Pengertian kurikulum senantiasa berkembang terus sejalan
dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan. Pengertian kurikulum dapat
dirangkum berdasarkan pendapat para ahli yaitu:
1 .
Kurikulum
sebagai ide atau gagasan
2 . Kurikulum
sebagai suatu rencana tertulis yang sebenarnya merupakan perwujudan dan kurikulum sebagai suatu ide.
3 .
Kurikulum
sebagai realita atau implementasi kurikulum,
4 .
Kurikulum
sebagai suatu hasil konsekuensi dan kurikulum sebagai suatu kegiatan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar